Yayasan Islam
Al-Qudwah Depok
Tahun 2012 lalu tepatnya bulan Oktober, saat itulah pertamakalinya saya berada di Al-Qudwah tepatnya di SDIT Al-Qudwah Kujang Depok diamanahi sebagai pengajar Tahfidz al-Qur’an, Bahasa Arab dan Mentoring.
Sebelumnya saya bertugas di Al-Fityan School Aceh sebagai pengajar al-Qur'an, bahasa Arab, mentoring, dan Islamic Studies di SMPIT dan Asrama. Disamping itu juga diamanahi sebagai sekretaris musyrif tarbawi, pernah beberapa kali sebagai penterjemah syeikh dari Timur Tengah.
Sebelumnya saya bertugas di Al-Fityan School Aceh sebagai pengajar al-Qur'an, bahasa Arab, mentoring, dan Islamic Studies di SMPIT dan Asrama. Disamping itu juga diamanahi sebagai sekretaris musyrif tarbawi, pernah beberapa kali sebagai penterjemah syeikh dari Timur Tengah.
Pada Agustus 2013 saya beralih tugas ke
Al-Qudwah pusat (Beringin) dengan amanah sebagai
staff sekretaris Yayasan dan mengajar Tahfidz al-Qur’an di SDIT Al-Qudwah
Beringin.
Diawal tahun 2014 selain aktifitas utama sebagai staf sekretaris yayasan, pernah juga tercatat sebagai staff anggota DPD RI Dapil Jabar KH. Amang Syafrudin, Lc.
Beberapa kegiatan beliau pernah saya ikuti seperti ketika ada agenda reses, sosialisasi 4 Pilar kebangsaan, konsinyering,
silaturahim tokoh dan sebagainya.
April 2014 Dewan Pembina Yayasan Islam Al-Qudwah menetapkan pendirian
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Broadcasting. Waktu itu berkumpul beberapa tim
Media lokal maupun nasional, dan saya diamanahi sebagai manajemen untuk mengatur legalitas serta administrasi dan pengajaran Tahfidz dan Islamic Studies. Alhamdulillah pada Juni
2015 legalitas izin operasional sudah keluar, NPSN, Izin memimpin kepala sekolah juga sudah terbit.
Diakhir tahun 2014 Ketua Dewan Pembina Yayasan Islam Al-Qudwah (KH. Amang Syafrudin, Lc) mengamanahi jabatan sekretaris Yayasan hingga saat ini.
Itulah sekilas riwayat aktifitas saya selama di al-Qudwah.
Pada kesempatan hari ini saya ingin coba share sekilas
tentang Yayasan Islam Al-Qudwah Depok.
Seiring
dengan tumbuhnya minat ummat untuk
kembali kepada Islam dengan al-Quran dan as-Sunnah sebagai pangkal ajarannya,
belum serta merta diikuti dengan hadirnya sarana-sarana pendidikan yang dapat
membimbing umat kedalam keterpaduan ajaran Islam secara utuh. Karena itu, sadar
akan urgensi menuntut ilmu yang harus terpadu, baik didunia maupun diakhirat,
Yayasan Islam Al-Qudwah, sebagai lembaga swadaya sosial masyarakat, sejak awal
pendiriannya pada tanggal 14 Mei 1990, mencoba memberikan jawaban atas
kebutuhan masyarakat untuk dapat menuntut ilmu secara terpadu.
Sasaran pendirian al-Qudwah diarahkan
untuk membantu ummat melalui penyediaan sarana :
1.
Lembaga Pendidikan
2.
Lembaga Dakwah
3. Lembaga Sosial
Visi dan Misi Yayasan Islam
Al-Qudwah;
Visi :
Membangun Ummat Islam sebagai Masyarakat
Pendidikan (Education Society) menuju terbentuknya Masyarakat Madani.
Misi :
Membangun kepribadian ummat dalam tiga ranah;
Intelektual, spiritual dan moral ummat menuju kemaslahatan dunia dan akhirat.
Di tahun 2015 Yayasan Islam Al-Qudwah sudah
memiliki lembaga formal dari tingkat RA sampai perguruan tinggi, lebih jelasnya
sebagai berikut;
1.
RAIT Al-Qudwah
2.
SDIT Al-Qudwah
3.
SMPIT Al-Qudwah
4.
SMAIT Al-Qudwah (IPA dan IPS)
5.
SMKIT Global Madani (Vocational Broadcasting
School)
6.
STAI Al-Qudwah ( Tarbiyah dan Syari’ah)
7.
Pesantren Al-Qudwah (AQIBS)
Berikut Profil
singkat Sekolah Islam Terpadu Al-Qudwah Depok
SEKOLAH ISLAM TERPADU
AL-QUDWAH
Center
of Excellence
RA-SDIT-SMPIT-SMAIT-SMKIT
Islam memandang pendidikan sebagai hal fundamental dalam membentuk
peradaban masyarakat dan bangsa. Pendidikan merupakan proses penanaman sesuatu kedalam
diri manusia.
Manusia adalah penerima proses tersebut, perumusannya sebagai suatu
sistem mengambil model manusia sempurna didalam pribadi suci Nabi Muhammad Sallallahu
’Alaihi wa Sallam dalam hal
pengetahuan dan tindakan. Dalam pengertian ini pendidikan islam
menghasilkan manusia yang meneladani Rasulullah Sallallahu ’Alaihi wa Sallam
sesuai dengan kapasitas dan potensi pribadinya.
Mencetak generasi berkepribadian islami, berpengetahuan Qur’ani, dan
berwawasan Internasional.
Misi :
1. Membudayakan
dan mengoptimalkan sistem pendidikan islam dengan kompetensi inti sebagai pembelajar,
wirausahawan, dan pemimpin.
2. Memadukan
kurikulum (kognitif, afektif, psikomotorik, dan interpersonal skill) .
3. Menyelenggarakan
pembelajaran yang nyaman dan menyenang-kan sesuai dengan nilai-nilai Qur’ani.
Karakteristik :
Al-Qudwah Islamic Boarding School (AQIBS) dirancang dengan pradigma,
konsep dan sistem pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakteristik
unggulan:
· Islami,
dengan seluruh karakteristiknya sebagai agama rabbani.
· Terpadu,
dalam sistem pembelajaran maupun kurikulumnya.
· Unggul,
dengan bekal kompetensi, kemampuan, dan keterampilan hidup (life skills)
yang diperlukan dan sangat kompetitif.
· Internasional,
dengan kompetensi dan wawasan Internasional sebagai antisipasi memasuki
persaingan global khsusnya dalam meraih peluang melanjutkan di Universitas
Internasional, baik sebagai seorang muslim, da’i, maupun sebagai seorang
profesional dan pemimpin masa depan.
AQIBS (Al-Qudwah
Islamic Boarding School)
1. Program
Pesantren Reguler (SMPIT/SMAIT/SMKIT).
2. Program
Pesantren MADANI (Mandiri, Aktif,
Dinamis, Amanah,
Natural & Islami)
berbasis Home Boarding.
Keunggulan :
1. Hafal
al-Quran 30 Juz dan Hadits
2. Mampu
berbahasa Internasional (Arab dan Inggris).
3. Memiliki
kemampuan life skill (Broadcasting dan Multimedia)
4. Mamiliki
kebiasaan (Habit) untuk melakukan penelitian (Research)
Program Pembelajaran :
Model pembelajaran MADANI Home Boarding diselenggarakan dan
dikembangkan dengan beberapa pendekatan dan metode antara lain :
No
|
Metode & Kegiatan
|
Masa Waktu & Schedule
|
Target
|
1.
|
Internship (magang)
|
4 Semester
|
Penguasaan Basic Knowladge & Life Skill
|
® Tahfidz al-Qur’an & Hadits
|
Semester 1
|
Hafal 30 Juz
|
|
® Bahasa :
ü Arab
ü Inggris
|
Semester 2 & 3
|
Terampil dan terbiasa berkomunikasi (SD, SMP, SMA/Sederajat
Lulus Toefl/IELT (SLTA)
|
|
® ICT (Multimedia &
Broadcasting)
|
Semester 4
|
Penguasaan dan Terampil dalam ICT (Teknologi informasi dan Komunikasi)
|
|
® Wirausaha
|
Semester 4
|
Berjiwa Kewirausahaan
|
|
2.
|
Home Stay
|
Character Building
|
|
® Quranic Character
|
Semester 1-6
|
Berkarakter Islami
|
|
® Scientific Culture
|
Semester 6
|
Lulus Ujian Nasional
Siap dan Lulus untuk studi kejenjang berikutnya
Siap menjadi ‘Ulama dan atau Ilmuwan berjiwa Pemimpin
|
RA
(Raudatul Athfal) AL-QUDWAH
Anak adalah amanah bagi orang tua yang mampu mem- bawanya menghadapi
tantangan masa depan. Karena sesungguhnya kehidupan mereka ada dimasa depan
bukan masa kini.
Berdasarkan hal ini maka pendidikan yang mengembangkan kecerdasan
ruhiyah, intelektual, rasa, emosi, kreatifitas dan ragawi harus ditanamkan
sejak dini.
Keunggulan :
Output RA (Raudhatul Athfal) Terpadu Al-Qudwah dengan kurikulum dan sistem pembelajaran melalui
Aktifitas Bermain Sambil Belajar
antara lain :
1. Hafal
al-Quran 1 Juz dan Hadits pilihan.
2. Percaya
diri berbahasa Arab dan Inggris.
3. Memiliki
karakter pembelajar dan pemimpin.
Program Pembelajaran :
RA Terpadu Al-Qudwah dengan kurikulum terpadu berbasis Kompetensi antara
lain :
· Bidang
Pembangunan Islam (Khot, Qira’ati, Hafalan Al-Qur’an Surat Pendek, Do’a Harian,
Hadits, Asmaul Husna, Praktek Ibadah, Siroh dan Bahasa Arab).
· Bidang
Pengembangan Umum (Bahasa, Daya Fikir,
Keterampilan dan Jasmani).
SDIT AL-QUDWAH
Muqaddimah :
Pendidikan dasar yang benar, tepat dan terarah merupakan proses penanaman
kemampuan untuk bekal buah hati, yang siap dipimpin dan memimpin, dan akan mengendarai
roda kehidupan pada zamannya.
Keunggulan:
Output SDIT Al-Qudwah dengan kurikulum terpadu dan sistem full day
school antara lain :
1. Hafal
al-Quran 10 Juz dan 100 Hadits pilihan.
2. Percaya
diri berbahasa Arab dan Inggris
3. Memiliki
karakter pembelajar dan pemimpin (to be a learner and leader)
Program Pembelajaran :
SDIT Al-Qudwah dengan kurikulum terpadu berbasis kompetensi full day
school antara lain :
1. Kurikulum Nasional: Agama, PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS.
2. Kurikulum Unggulan/ Lokal : BQ metode Qira’ati, Tahfidz
Al-Qur’an, Hadits dengan Metode Irama dan Cerita, Bahasa Arab dengan Metode
Bayangan Tangan dan Bahasa Inggris dengan sistem English Cultural Camp.
3. Kurikulum Alternatif/ Ekstra Kurikuler; Melukis, Musik, Handycraft,
Pramuka SIT, Taekwondo, Silat, Futsal, Robotic, English Club,
dan Pidato (Public Speaking).
SMPIT AL-QUDWAH
SMPIT Al-Qudwah adalah sekolah yang
dirancang dengan pradigma, konsep dan sistem pendidikan yang
berorientasi pada pembentukan karakteristik unggulan; Islami, Terpadu, Unggul
dan Internasional.
Keunggulan:
1. Hafal
al-Qur’an 10 Juz dan Hadits
2. Mampu
berbahasa Internasional (Arab dan Inggris).
3. Menguasai
Sains dan Teknologi.
4. Memiliki
Kemampuan Life Skill (Broadcasting dan
Multimedia)
5. Mamiliki
kebiasaan (Habit) untuk melakukan penelitian (Research)
Program Pembelajaran :
1. Kurikulum Nasional: Agama, PKN, Bahasa Indonesia, Matematika,
IPA, IPS, Sejarah, dan PLH.
2. Kurikulum Unggulan/ Lokal : Tahfidz Al-Qur’an, Pogram Akselerasi
Bahasa Arab & Inggris, Sains & Teknologi, Mentoring, Seni dan Riset.
3. Kurikulum Komplementer dan Ekstrakurikuler; Seminar, Workshop,
Leadership Training, Pramuka, Taekwondo, Broadcasting, Olahraga, Arabic
Club & English Club.
SMAIT AL-QUDWAH
Muqaddimah :
SMAIT Al-Qudwah adalah sekolah yang
dirancang dengan pradigma, konsep dan sistem pendidikan yang
berorientasi pada pembentukan karakteristik unggulan; Islami, Terpadu, Unggul
dan Internasional.
Keunggulan:
1. Hafal
al-Qur’an 10 Juz dan Hadits
2. Mampu
berbahasa Internasional (Arab dan Inggris).
3. Menguasai
Sains dan Teknologi.
4. Lulus
TOEFL/ IELT
5. Memiliki
Kemampuan Life Skill (Broadcasting dan Multimedia)
6. Mamiliki
kebiasaan (Habit) untuk melakukan penelitian (Research)
Program Pembelajaran :
1. Kurikulum Nasional: Agama, PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Sejarah, Sosiologi,
Ekonomi & Geografi.
2. Kurikulum Unggulan/ Lokal : Tahfidz Al-Qur’an, Program Akselerasi
Bahasa Arab & Inggris, Sains
Teknologi, Mentoring, Seni
dan Riset.
3. Kurikulum Komplementer dan Ekstrakurikuler; Seminar, Workshop,
Leadership Management, Magang, Pramuka SIT, Beladiri Taekwondo, Broadcasting,
Olahraga, dan Kegiatan lainnya.
SMKIT GLOBAL MADANI (Vocational Broadcasting School)
Muqaddimah :
SMKIT Global Madani adalah sekolah kejuruan yang difokuskan untuk
menyiapkan Insan Media Trampil, Profesional dan Berkepribadian dengan
Karakteristik MADANI; Mandiri, Amanah, Dinamis, Natural dan Islami.
Keunggulan:
1. Hafal
al-Quran 10 Juz dan Hadits Arba’in.
2. Percaya
diri berbahasa Arab dan Inggris.
3. Memiliki
keahlian dalam bidang Broadcasting (Pertelivisian dan Radio).
4. Lulus
TOEFL/ IELT
5. Memiliki
kemampuan manajemen kewirausahaan dan jiwa pemimpin.
Program Pembelajaran :
1. Kurikulum Nasional: Agama, PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Sejarah.
2. Kurikulum Unggulan/ Lokal : Tahfidz Al-Qur’an, Islamic Studies, Hadits, Kajian Tatsqif/ wawasan,
Stadium General, Leadership & Entrepreneurship Training,
Mentoring, dan Program Akselerasi Bahasa Arab dan Inggris.
3. Kurikulum Program Kejuruan: Broadcasting (Pertelivisian
& radio)
4. Kurikulum Komplementer & Ekstrakurikuler; Seni Musik, Pramuka/ Kepanduan, Magang,
Taekwondo, Futsal, Renang dan Journalistik
serta kegiatan lainnya disesuaikan dengan minat dan bakat siswa.
Jika ada pertanyaan silahkan kirimkan via email ke: alqudwah2013@gmail.com
0 komentar:
Posting Komentar