Minggu, 16 Agustus 2015

Riwayat Perjalanan Hidup Ku di Dunia #Part 2

Bismillah...


Postingan pertama telah saya ceritakan sekilas hidupku diwaktu kecil sampai Sekolah Dasar.

Saya pernah Sekolah Di TK Al-Qur'an Nurul Amal, MI Kawungsari dan SDN I Karangkamulyan.

Dibangku SLTP, hampir tidak ada file foto yang bisa ditampilkan selain foto profil di buku rapor siswa.

Saya pernah sekolah di MTs PUI Cijantung – Ciamis tahun 2003-2006. Saya masuk MTs PUI karena kedua saudara saya pernah sekolah disana. Sekolah yang cukup baik untuk pengembangan diri.
Pernah dikelas 1 saya dilibatkan di OSIS sebagai bagian kewirausahaan, program yang menarik bagi saya waktu itu adalah program LDK-nya Latihan Dasar Kepemimpinan.

Di LDK aku belajar banyak hal diantaranya cara menyusun rencana anggaran belanja (RAB) yang dirasa sangat bermanfaat hingga saat ini. Kemudian belajar merumuskan peraturan perundang-undangan OSIS, waktu itu dibagi menjadi beberapa komisi dan diakhir ditutup dengan rapat pleno, persis seperti yang dilakukan anggota DPR ketika siding.

Real prakteknya, ketika dikelas dua aku pernah tercatat sebagai wakil ketua OSIS, dikelas tiga pernah tercatat sebagai wakil ketua kelas, dan wakil ketua pramuka sekolah.

Pernah ikut kegiatan kemah bakti, lomba paskibra, lomba khutbah jum’at dan pernah juga sebagai juara lomba tahfidz al-Qur’an.

Disini juga pertama kali saya belajar dan mulai memahami computer terutama Ms. word, excel, power point dan paint sampai print out data.

Ketika di Tsanawiyah aku juga punya tabungan di Bank BRI, setiap pekan aku menabung meski sedikit. Lumayan hemat ketika itu, jarang menghabiskan uang untuk jajan bahkan sering puasa senin dan kamis. Ide menabung ini berawal dari saudara saya sekaligus membatu saya waktu itu Ang Cahya Darmawan.

Disini Tsanawiyah saya juga mengikuti eskul Basket Ball setiap satu pekan sekali setelah pulang sekolah.

MTs PUI Cijantung, Sekolah yang cukup kreatif, pernah menyelenggarakan pameran sekolah dengan mengundang sekolah lain, pernah juga mengadakan lomba pramuka tingkat SD/MI, perlombaan antar kelas setiap semester seperti volley ball, badminton, tahfidz al-Qur’an, puisi, cerdas cermat, dan lainnya. Aku juga biasa terlibat dalam lomba tersebut.

Waktu itu kepala sekolahku pa Dadang dan beberapa guru mulai lupa, harus dicari lagi…

Lulus MTs PUI Cijantung saya belum punya tujuan pasti mau melanjutkan kemana… dalam pikiran saya saat itu saya tidak mau sekolah di Negeri dan tidak mau ke arah timur rumah tapi mau kea rah Barat, inginnya sekolah ke Darut Tauhid Bandung karena pernah melihat manual book santri DT yang isinya cukup oke, atau ke pesantren Darussalam Ciamis. Hanya saja anggaran keluarga waktu itu belum memungkinkan dan ada keinginan juga ke Khusnul Khatimah Kuningan, waktu itu pernah dua kali berkunjung kesana. Pertama waktu saya masih SD ketika menjenguk saudara di Ponpes Al-Hikmah Cirebon sempat mampir sekaligus mendaftarkan a Ibnu ke Khusnul, dan yang kedua kalinya ketika lomba Lintas Alam waktu itu aku masih MTs mewakili Pesantren Nurul Amal – Ciamis.

Akhirnya KH. Muhtadin, Lc (pengasuh ponpes tahfidz Nurul Amal) menyarankan ke MA Al-Kautsar Banjar lembaga baru tahun kedua dibawah asuhan KH. Umung Anwar Sanusi, Lc

Besok harinya diantar oleh bapak saya untuk pergi mendaftar dan beberapa hari kemudian mulai masuk pesantren.

Pondok Pesantren Al-Kautsar Banjar Jawa Barat.



Yah disinilah karakter saya mulai tumbuh kuat, sekolah baru dengan pengajar luar biasa.

Guru-guru saya yang saya ingat ada Ust. Syamsudin Umar (Murabbi, Fiqih), Ust. Muhtadin, Lc (Ilmu Tafsir), Ust. Ihsan Setiawan, Lc (Ilmu Hadits), Ust. Cecep Dani Sufyan (PKn & Kepanduan), Ust. Dadan Ramdan, M.Pd (Pengembangan diri dan Kepsek) Ust. Muhammad Natsir (Usul Fiqh), Ust. Ja’far Sodiq alm. (Aqidah), Ust. Sudar abu Hafidz (Sejarah), Ust. Hanif Masykur (Komputer), Ust. Masykur (Kajian Kitab), Ust. Osep Rohyana (Al-Qur’an dan Siroh Nabawiyah), Ust. Rizki (Muhaddtasah), Ust. Lukman (Bahasa Arab), Pa Dodi (Bahasa Inggris) Pa Budi (Matematika) Bu Mimin (Bahasa Indonesia) Pa Romdah Romansyah (Biologi & Kimia) dan beberapa pengajar lainnya.

Dan inspirator utama saya adalah KH. Umung Anwar Sanusi, Lc sesepuh Al-Kautsar yang selalu mengisi kajian tiap ahad pagi, waktu itu beliau masih menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2004-2009.

Amazing agenda yang pernah saya ikuti, pertandingan sepak bola, beladiri BKC, juara umum kemah bakti tingkat Kota Banjar, Jambore BSMR tingkat priangan timur, Mukhayyam Dasar Pandu Keadilan I di Kota Banjar, Mukhayyam Dasar Pandu Keadilan II digunung Syawwal Ciamis, Latsar Pandu Keadilan (LPK) III di Pangandaran dan finis di Batu Karas.

Pernah pringkat 1 di kelas 3 semester 1 dan 2 sekaligus juara kelas meskipun tidak tahu aspek penilaian nya apa saja sehingga tertulis di buku rapor seperti itu. Karena saya yakin teman-teman lain lebih layak untuk itu, tapi apalah artinya urutan pringkat dan memang ketika itu tidak ada satupun siswa yang memikirkan peringkat kelas.

Pernah menjabat sebagai krani ambalan Khalid bin Walid yang dengan ini saya mulai terbiasa membuat proposal kegiatan dan belajar manajerial.

Pernah juga buat proposal untuk kegiatan perpisahan kelas sekaligus yang mengedarkan langsung… lumayan Alhamdulillah ada yang ngasih cukup besar…

Pernah juga dihari libur sekolah menyebarkan poster atau brosur Ahmad Heryawan – Dede Yusuf ke kampong-kampung full seharian (Direct Selling)…

Pernah juga ikut berkontribusi dalam pengamanan kampanye HADE (Aher Dede) sebagai pandu Keadilan.

Dan banyak hal lagi yang aku peroleh ketika sekolah pesantren di Al-Kautsar Banjar… sesuai dengan selogannya; segalanya bermula disini.

Sebelum ujian semester dilaksanakan terbiasa kami belajar bersama meski ada juga yang sendirian dengan sistem asistensi. Siswa yang lebih mahir dalam pelajaran tertentu  menerangkan kesiswa lainnya. Biasanya sebulan sebelum hari H yang dilaksanakan setiap ba’da isya.

Dari sejumlah kegiatan luar biasa ini membuatku menjadi banyak inisiatif untuk membuat aktifitas bermanfaat dimasyarakat.

Pernah dikelas 2 Aliyah saya menyelenggarakan seminar sehari, kemudian SMART Ramadhan se Desa karangkamulyan dengan bermodal keberanian dan tekad yang kuat.



Diwaktu liburan teman-teman sekampung segera saya undang untuk hadir dimasjid dengan agenda pembentukan panitia acara, dan Alhamdulillah terselenggara juga kegiatan tersebut hingga saat ini.
Yeah… itulah sekilas tentang bagian hidup saya selama di MTs dan MA (SLTP & SLTA)


Bersambung…

0 komentar:

Posting Komentar