Minggu, 16 Agustus 2015

Yayasan Islam Al-Qudwah Depok

Yayasan Islam Al-Qudwah Depok


Tahun 2012 lalu tepatnya bulan Oktober, saat itulah pertamakalinya saya berada di Al-Qudwah tepatnya di SDIT Al-Qudwah Kujang Depok diamanahi sebagai pengajar Tahfidz al-Qur’an, Bahasa Arab dan Mentoring.

Sebelumnya saya bertugas di Al-Fityan School Aceh sebagai pengajar al-Qur'an, bahasa Arab, mentoring, dan Islamic Studies di SMPIT dan Asrama. Disamping itu juga diamanahi sebagai sekretaris musyrif tarbawi, pernah beberapa kali sebagai penterjemah syeikh dari Timur Tengah.




Pada Agustus 2013 saya beralih tugas ke Al-Qudwah pusat (Beringin) dengan amanah sebagai  staff sekretaris Yayasan dan mengajar Tahfidz al-Qur’an di SDIT Al-Qudwah Beringin.

Diawal tahun 2014 selain aktifitas utama sebagai staf sekretaris yayasan, pernah juga tercatat sebagai staff anggota DPD RI Dapil Jabar KH. Amang Syafrudin, Lc.



Beberapa kegiatan beliau pernah saya ikuti seperti ketika ada agenda reses, sosialisasi 4 Pilar kebangsaan, konsinyering, silaturahim tokoh dan sebagainya.


April 2014 Dewan Pembina Yayasan Islam Al-Qudwah menetapkan pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Broadcasting. Waktu itu berkumpul beberapa tim Media lokal maupun nasional, dan saya diamanahi sebagai manajemen untuk mengatur legalitas serta administrasi dan pengajaran Tahfidz dan Islamic Studies. Alhamdulillah pada Juni 2015 legalitas izin operasional sudah keluar, NPSN, Izin memimpin kepala sekolah juga sudah terbit.


Diakhir tahun 2014 Ketua Dewan Pembina Yayasan Islam Al-Qudwah (KH. Amang Syafrudin, Lc) mengamanahi jabatan sekretaris Yayasan hingga saat ini.

Itulah sekilas riwayat aktifitas saya selama di al-Qudwah.



Pada kesempatan hari ini saya ingin coba share sekilas tentang Yayasan Islam Al-Qudwah Depok.



Seiring dengan tumbuhnya minat ummat untuk kembali kepada Islam dengan al-Quran dan as-Sunnah sebagai pangkal ajarannya, belum serta merta diikuti dengan hadirnya sarana-sarana pendidikan yang dapat membimbing umat kedalam keterpaduan ajaran Islam secara utuh. Karena itu, sadar akan urgensi menuntut ilmu yang harus terpadu, baik didunia maupun diakhirat, Yayasan Islam Al-Qudwah, sebagai lembaga swadaya sosial masyarakat, sejak awal pendiriannya pada tanggal 14 Mei 1990, mencoba memberikan jawaban atas kebutuhan masyarakat untuk dapat menuntut ilmu secara terpadu.

Sasaran pendirian al-Qudwah diarahkan untuk membantu ummat melalui penyediaan sarana :

1.      Lembaga Pendidikan
2.      Lembaga Dakwah
3.      Lembaga Sosial
             
Visi dan Misi Yayasan Islam Al-Qudwah;

Visi :

Membangun Ummat Islam sebagai Masyarakat Pendidikan (Education Society) menuju terbentuknya Masyarakat Madani.

Misi :

Membangun kepribadian ummat dalam tiga ranah; Intelektual, spiritual dan moral ummat menuju kemaslahatan dunia dan akhirat.

Di tahun 2015 Yayasan Islam Al-Qudwah sudah memiliki lembaga formal dari tingkat RA sampai perguruan tinggi, lebih jelasnya sebagai berikut;

1.       RAIT Al-Qudwah
2.       SDIT Al-Qudwah
3.       SMPIT Al-Qudwah
4.       SMAIT Al-Qudwah (IPA dan IPS)
5.       SMKIT Global Madani (Vocational Broadcasting School)
6.       STAI Al-Qudwah ( Tarbiyah dan Syari’ah)
7.       Pesantren Al-Qudwah (AQIBS)

Berikut Profil singkat Sekolah Islam Terpadu Al-Qudwah Depok


SEKOLAH ISLAM TERPADU AL-QUDWAH
Center of Excellence
RA-SDIT-SMPIT-SMAIT-SMKIT

Islam memandang pendidikan sebagai hal fundamental dalam membentuk peradaban masyarakat dan bangsa. Pendidikan merupakan proses penanaman sesuatu kedalam diri manusia. 
Manusia adalah penerima proses tersebut, perumusannya sebagai suatu sistem mengambil model manusia sempurna didalam pribadi suci Nabi Muhammad Sallallahu ’Alaihi wa Sallam dalam hal  pengetahuan dan tindakan. Dalam pengertian ini pendidikan islam menghasilkan manusia yang meneladani Rasulullah Sallallahu ’Alaihi wa Sallam sesuai dengan kapasitas dan potensi pribadinya.



Visi :
Mencetak generasi berkepribadian islami, berpengetahuan Qur’ani, dan berwawasan Internasional.

Misi :
1. Membudayakan dan mengoptimalkan sistem pendidikan islam dengan kompetensi inti sebagai pembelajar, wirausahawan, dan pemimpin.
2. Memadukan kurikulum (kognitif, afektif, psikomotorik, dan   interpersonal skill) .
3. Menyelenggarakan pembelajaran yang nyaman dan menyenang-kan sesuai dengan nilai-nilai Qur’ani.

Karakteristik :
Al-Qudwah Islamic Boarding School (AQIBS) dirancang dengan pradigma, konsep dan sistem pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakteristik unggulan:
· Islami, dengan seluruh karakteristiknya sebagai agama rabbani.
· Terpadu, dalam sistem pembelajaran maupun kurikulumnya.
· Unggul, dengan bekal kompetensi, kemampuan, dan keterampilan hidup (life skills) yang diperlukan dan sangat kompetitif.
· Internasional, dengan kompetensi dan wawasan Internasional sebagai antisipasi memasuki persaingan global khsusnya dalam meraih peluang melanjutkan di Universitas Internasional, baik sebagai seorang muslim, da’i, maupun sebagai seorang profesional dan pemimpin masa depan.

AQIBS (Al-Qudwah Islamic Boarding School)

Program Pendidikan :
1. Program Pesantren Reguler (SMPIT/SMAIT/SMKIT).
2. Program Pesantren MADANI  (Mandiri, Aktif, Dinamis, Amanah, 
       Natural & Islami) berbasis Home Boarding.

Keunggulan :
1. Hafal al-Quran 30 Juz dan Hadits
2. Mampu berbahasa Internasional (Arab dan Inggris).
3. Memiliki kemampuan life skill (Broadcasting dan Multimedia)
4. Mamiliki kebiasaan (Habit) untuk melakukan penelitian (Research)

Program Pembelajaran :
Model pembelajaran MADANI Home Boarding diselenggarakan dan dikembangkan dengan beberapa pendekatan dan metode antara lain :



No
Metode & Kegiatan
Masa Waktu & Schedule
Target
1.
Internship (magang)
4 Semester
Penguasaan Basic Knowladge & Life Skill

® Tahfidz al-Qur’an & Hadits
Semester 1
Hafal 30 Juz

® Bahasa :
   ü Arab
   ü Inggris
Semester 2 & 3
Terampil dan terbiasa berkomunikasi (SD, SMP, SMA/Sederajat
Lulus Toefl/IELT (SLTA)

® ICT (Multimedia  & Broadcasting)
Semester 4
Penguasaan dan Terampil dalam ICT (Teknologi informasi dan Komunikasi)

® Wirausaha
Semester 4
Berjiwa Kewirausahaan
2.
Home Stay

Character Building

® Quranic Character
Semester  1-6
Berkarakter Islami

® Scientific Culture
Semester 6
Lulus Ujian Nasional
Siap dan Lulus untuk studi kejenjang berikutnya
Siap menjadi ‘Ulama dan atau Ilmuwan berjiwa Pemimpin

RA (Raudatul AthfalAL-QUDWAH

Muqaddimah :

Anak adalah amanah bagi orang tua yang mampu mem- bawanya menghadapi tantangan masa depan. Karena sesungguhnya kehidupan mereka ada dimasa depan bukan masa kini.

Berdasarkan hal ini maka pendidikan yang mengembangkan kecerdasan ruhiyah, intelektual, rasa, emosi, kreatifitas dan ragawi harus ditanamkan sejak dini.

Keunggulan :

Output RA (Raudhatul Athfal) Terpadu Al-Qudwah dengan  kurikulum dan sistem pembelajaran melalui Aktifitas       Bermain Sambil Belajar antara lain :
1. Hafal al-Quran 1 Juz dan Hadits pilihan.
2. Percaya diri berbahasa Arab dan Inggris.
3. Memiliki karakter pembelajar dan pemimpin.

Program Pembelajaran :

RA Terpadu Al-Qudwah dengan kurikulum terpadu berbasis Kompetensi antara lain :
· Bidang Pembangunan Islam (Khot, Qira’ati, Hafalan Al-Qur’an Surat Pendek, Do’a Harian, Hadits, Asmaul Husna, Praktek Ibadah, Siroh dan Bahasa Arab).
· Bidang Pengembangan Umum (Bahasa, Daya Fikir,   Keterampilan dan Jasmani).


SDIT AL-QUDWAH



Muqaddimah :

Pendidikan dasar yang benar, tepat dan terarah merupakan proses penanaman kemampuan untuk bekal buah hati, yang siap dipimpin dan memimpin, dan akan mengendarai roda kehidupan pada zamannya.

Keunggulan:

Output SDIT Al-Qudwah dengan kurikulum terpadu dan sistem full day school antara lain :
1. Hafal al-Quran 10 Juz dan 100 Hadits pilihan.
2. Percaya diri berbahasa Arab dan Inggris
3. Memiliki karakter pembelajar dan pemimpin (to be a learner and leader)

Program Pembelajaran :

SDIT Al-Qudwah dengan kurikulum terpadu berbasis kompetensi full day school antara lain :
1. Kurikulum Nasional: Agama, PKN, Bahasa Indonesia,    Matematika, IPA dan IPS.
2. Kurikulum Unggulan/ Lokal : BQ metode Qira’ati, Tahfidz Al-Qur’an, Hadits dengan Metode Irama dan Cerita, Bahasa Arab dengan Metode Bayangan Tangan dan Bahasa Inggris dengan sistem English Cultural Camp.
3. Kurikulum Alternatif/ Ekstra Kurikuler; Melukis, Musik, Handycraft, Pramuka SIT, Taekwondo, Silat, Futsal, Robotic, English Club, dan Pidato (Public Speaking).


SMPIT AL-QUDWAH



Muqaddimah :

SMPIT Al-Qudwah adalah sekolah yang  dirancang dengan pradigma, konsep dan sistem pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakteristik unggulan; Islami, Terpadu, Unggul dan Internasional.
Keunggulan:
1. Hafal al-Qur’an 10 Juz dan Hadits
2. Mampu berbahasa Internasional (Arab dan Inggris).
3. Menguasai Sains dan Teknologi.
4. Memiliki Kemampuan Life Skill (Broadcasting  dan       Multimedia)
5. Mamiliki kebiasaan (Habit) untuk melakukan penelitian (Research)
Program Pembelajaran :
1. Kurikulum Nasional: Agama, PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Sejarah, dan PLH.
2. Kurikulum Unggulan/ Lokal : Tahfidz Al-Qur’an, Pogram Akselerasi Bahasa Arab & Inggris, Sains & Teknologi,    Mentoring, Seni dan Riset.
3. Kurikulum Komplementer dan Ekstrakurikuler; Seminar, Workshop, Leadership Training, Pramuka, Taekwondo, Broadcasting, Olahraga, Arabic Club & English Club.


SMAIT AL-QUDWAH
Muqaddimah :
SMAIT Al-Qudwah adalah sekolah yang  dirancang dengan pradigma, konsep dan sistem pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakteristik unggulan; Islami, Terpadu, Unggul dan Internasional.
Keunggulan:
1. Hafal al-Qur’an 10 Juz dan Hadits
2. Mampu berbahasa Internasional (Arab dan Inggris).
3. Menguasai Sains dan Teknologi.
4. Lulus TOEFL/ IELT
5. Memiliki Kemampuan Life Skill (Broadcasting  dan Multimedia)
6. Mamiliki kebiasaan (Habit) untuk melakukan penelitian (Research)
Program Pembelajaran :
1. Kurikulum Nasional: Agama, PKN, Bahasa Indonesia,   Matematika, IPA, IPS, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi & Geografi.
2. Kurikulum Unggulan/ Lokal : Tahfidz Al-Qur’an, Program Akselerasi Bahasa Arab & Inggris, Sains  Teknologi,      Mentoring, Seni dan Riset.
3. Kurikulum Komplementer dan Ekstrakurikuler; Seminar, Workshop, Leadership Management, Magang, Pramuka SIT, Beladiri Taekwondo, Broadcasting, Olahraga, dan Kegiatan lainnya.

SMKIT GLOBAL MADANI (Vocational Broadcasting School)
Muqaddimah :
SMKIT Global Madani adalah sekolah kejuruan yang difokuskan untuk menyiapkan Insan Media Trampil, Profesional dan Berkepribadian dengan Karakteristik MADANI; Mandiri, Amanah, Dinamis, Natural dan Islami.
Keunggulan:
1. Hafal al-Quran 10 Juz dan Hadits Arba’in.
2. Percaya diri berbahasa Arab dan Inggris.
3. Memiliki keahlian dalam bidang Broadcasting (Pertelivisian dan Radio).
4. Lulus TOEFL/ IELT
5. Memiliki kemampuan manajemen kewirausahaan dan jiwa pemimpin.
Program Pembelajaran :
1. Kurikulum Nasional: Agama, PKN, Bahasa Indonesia,    Matematika, Bahasa Inggris dan Sejarah.
2. Kurikulum Unggulan/ Lokal : Tahfidz Al-Qur’an, Islamic  Studies, Hadits, Kajian Tatsqif/ wawasan, Stadium General, Leadership & Entrepreneurship Training, Mentoring, dan Program Akselerasi Bahasa Arab dan Inggris.
3. Kurikulum Program Kejuruan: Broadcasting (Pertelivisian & radio)
4. Kurikulum Komplementer & Ekstrakurikuler;  Seni Musik, Pramuka/ Kepanduan, Magang, Taekwondo, Futsal,     Renang dan Journalistik serta kegiatan lainnya disesuaikan dengan minat dan bakat siswa.

untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi situs resmi Yayasan Islam Al-Qudwah di alqudwah.co atau Facebook: Yayasan Islam Al-Qudwah, Youtube Channel: alqudwah.tv

Jika ada pertanyaan silahkan kirimkan via email ke: alqudwah2013@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar